Ujian Tahfidz Bentuk Apresiasi Hafalan Siswa

Tangerang, HUMAS BUNAYYA Senin,- (27/11/2017) Dalam menghafal Al-Qur’an di Bunayya, siswa tidak hanya harus menyetorkan hafalan ke guru tahfidznya. Tetapi setiap murid harus diuji setiap menyelesaikan hafalan satu juz Al-Qur’an. Bertujuan mengapresiasi pencapaian hafalan siswa, Rumah Pendidikan Al-Qur’an (RPQ) Bunayya melaksanakan Ujian Tahfidz pada Minggu, 26 November 2017 di SDIT Bunayya. Sebanyak 29 murid yang terbagi dari 16 siswa SMPIT Bunayya dan 13 siswa SDIT Bunayya diuji dengan empat Ustadz dari Pesantren Darul Qur’an Mulia, Gunung Sindur, Bogor antara lain Ustadz Acep Aryadi,  Ustadz Muhammad Safil, Ustad Abdurrahman, Ustad Sarmadan rambe.

“Ujian Tahfidz adalah syarat untuk bisa menghafal dan mengikuti ujian juz berikutnya”ungkap Zuni Nani, Ketua RPQ Bunayya. Ujian tahfidz  dilakukan setiap 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan November dan bulan Maret. Sebelum menempuh Ujian Tahfidz, siswa terlebih dahulu mengikuti pratas yaitu persiapan menghadapi Ujian Tahfidz. Setelah melewati ujian tahfidz siswa akan di wisuda al-quran dan mendapatkan sertifikat syahadah telah menghafalkan juz tersebut.

Penilaian ujian tersebut ialah dari kelancaran siswa dalam menghafal ayat-ayat dan tajwid dalam melafalkan bacaan tersebut. Dari 29 peserta ujian tahfidz yg di selenggarakan di bulan november ini, alhamdulillah semuanya di nyatakan LULUS. Harapan dari pengurus RPQ Bunayya, kualitas hafalan para siswa SIT Bunayya semakin menjadi lebih baik lagi. Dan untuk ujian tahfidz yang akan datang, jumlah siswa yg mengikuti ujian tahfidz diharapkan lebih banyak lagi dari tahun ini.