Peran Siswa SMPIT Bunayya terhadap Peringatan Maulid Nabi

Penampilan Marawis SMPIT Bunayya
Pembacaan Tilawah dari Siswi SMPIT Bunayya dan Alumni SMPIT Bunayya
Nasyid dari Fotosintesis Band SMPIT Bunayya

Tangerang, HUMAS BUNAYYA, Senin,- (09/12/2017) Tanggal Maulid Nabi pada tahun 2017 jatuh pada 1 Desember 2017. Dalam Al-Qur’an hari lahir Nabi ini digambarkan sebagai keutamaan dan rahmat yang universal dan agung, memberikan kebahagiaan dan kebaikan bagi seluruh manusia. Imam Abu Syammah Syaikh al-Nawawi mengatakan barang siapa yang merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan sedekah, berbuat baik, memperlihatkan hiasan dan kebahagiaan. Maka telah menunjukkan syiar kecintaan terhadap baginda Rasul, mengangungkan beliau, dan sebagai ungkapan rasa syukur.

Sabtu, 9 Desember 2017, Siswa-siswa SMPIT Bunayya berpartisipasi pada Pengajian Umum dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mushola Al-Abrar, Perumahan Permata Tangerang yang diadakan dari DKM Mushola Al-Abrar. Rangkaian acara dipandu oleh Randi Ramansyah dari SMPIT Bunayya. Acara diawali dengan penampilan Asma’ul Husna dari pengajian Masjid Ta’lim Ibu-ibu Al-Abrar. Kemudian dilanjut dengan Marawis dari Siswa SMPIT Bunayya dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dari siswi dan alumni SMPIT Bunayya, Laila Qodariyah dan Ninda Nurmahdiyah.

Ada pun dalam acara ini sambutan dari Ketua DKM Mushola Al-abrar, Bapak Suryono dan sambutan Ketua RW 08, Iwan Syafrudin juga ceramah dari KH Syaifudin. Fotosintesis Band dari SMPIT Bunayya turut hadir membawakan dua lagu nasyid. Bapak Andi, salah satu panitia DKM mengaku terkesan dengan penampilan siswa SMPIT Bunayya malam itu. “Mungkin lain waktu remaja dari SMPIT Bunayya bisa berpartisipasi kembali di acara DKM berikutnya” tutur Bapak Andi.

Keterlibatan Siswa SMPIT Bunayya dalam acara ini melahirkan dua hal penting yang harus selalu diterapkan. Pertama, remaja harus memiliki peran di masyarakat. Sudah waktunya remaja terjun ke masyarakat dan berpartisipasi pada setiap kegiatannya. Kedua, dengan menampilkan berbagai keahlian dalam membawakan acara, tilawah, marawis dan bermain band di hadapan masyarakat, ialah sebagai bentuk promosi dan sarana unjuk bakat siswa SMPIT Bunayya.

Bapak Afif, selaku guru pendamping siswa SMPIT Bunayya berharap siswa-siswi SMPIT Bunayya bisa selalu  berperan aktif di masyarakat sekitar di tempat tinggal mereka. “Ini adalah sebuah moment yang tepat bagi mereka untuk belajar, karena belajar bukan hanya di dalam kelas saja. Dengan terlibat aktif id masyarakat anak-anak sdh bisa belajar bersosialisasi dengan orang lain, berorganisasi, dan berani tampil di depan publik. Ini yang mungkin tidak mereka dapatkan di dalam kelas, tetapi mereka bisa mendapatkan ini di luar sekolah.”