Pengukuhan PASKIBRA tumbuhkan nasionalisme siswa SDIT Bunayya

Upacara Pengukuhan Paskibra- pembacaan Ikrar Pelajar Indonesia

Tangerang, HUMAS BUNAYYA (22/01/2018), Kecintaan siswa pada Bumi Pertiwi Indonesia perlu untuk di tanamkan sejak dini. Keberanian dalam menjadi abdi negara sejak dini mulai di terapkan, meski berawal dari baris berbaris. Sehingga ‘Ikrar Pelajar Indonesia’ seakan sudah terpatri dalam diri siswa. Ekstrakulikuler Paskibra yag di bimbing Bapak Aji, dan Bapak Irfan, pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 melalukan pengukuhan Paskibra.  Sisway yang mengikuti pengukuhav sebanyak 17 siswa SDIT Bunayya yang terdiri dari kelas 4 dan kelas 5.

Upacara pengukihan Paskibra SDIT Bunayya berlangsung khidmat dan sakral. Upacara pengukuhan banyak di artikan sebagai gerbang seseorang dalam menyandang predikat tertentu dalam latihan Paskibra. Sebelum pengukuhan siswa di minta untuk melakukan perenungan jiwa. Pengukuhan Paskibra merupakan penguatan mental menjelang pelaksanaan tugas.

Tak hanya guru-guru, orang tua dari anggota Paskibra juga turut hadir menyaksikan upacara pengukuhan. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam upacara tersebut, para anggota Paskibra mengucapkan “Ikrar Putra Indonesia” di hadapan Bendera Merah Putih. Kemudian di lanjutkan dengan mencium Bendera Merah Putih sebagai simbolis tanda kesediaan dan kebaktian pada Bumi Pertiwi Indonesia. Masing-masing orangtua memakaikan topi Paskibra pada anaknya.

Pemakaian topi Paskibra dari masing-masing orang tua

Namun sebelum berakhirnya acara, siswa mencuci kedua kaki orangtua sebagai  simbol bahwa surga tetap berada di kaki ibu. Suasana menjadi sangat haru antara orangtua dan siswa sebagai anak. Sesi pencucian kaki orang tua ini juga sebagai permohonan maaf dari siswa dan permintaan restu, dalam mengikuti perlombaan Paskibra pada Minggu 28 Januari 2018 mendatang. Lomba di selenggarakan di MTs Solear tingkat Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Suasana haru usai mencuci kaki orang tua

Pengukuhan Paskibra di nilai dapat menumbuhkan rasa nasionalisme siswa. Siswa memiliki komitmen, tanggung jawab, dan lebih dari sekedar kecintaan kepada bangsa dan tanah air kita Indonesia. Marilah kita doakan kesuksesan-kesuksesan Paskibra SDIT Bunayya selanjutnya.