Parenting TKIT Bunayya: Kenali Anak dengan Kesulitan Belajar

Tangerang, HUMAS BUNAYYA, Kamis- (30/11/2017)  TKIT Bunayya menyelenggarakan seminar parenting yang bertemakan Mengenal dan Mengatasi Kesulitan Baca pada Anak. Parenting yang diselenggarakan pada 29 November 2017 ini menghadirkan pembicara, Annisa Fitria Rahayu, .A.Md, OT., SKM sebagai Terapis Perkembangan Anak. Diikuti sebanyak 70 orang tua, Annisa menjelaskan untuk mengatasi kesulitan baca pada anak terlebih dahulu harus mengetahui tumbuh dan kembangnya seorang anak. Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak ialah faktor genetik, faktor lingkungan, faktor sosial ekonomi, faktor nutrisi dan faktor kesehatan.

“Kesulitan belajar membaca pada anak seperti halnya sulit memegang pensil, kosakata terbatas ataupun terlambat mempelajari bahasa dan lain sebagainya itu dipengaruhi besar oleh perkembangan sensori, motorik, emosional, motorik kasar dan motorik halus pada anak” tutur Annisa yang mempunyai klinik terapi anak di Wilayah Karawaci, Tangerang.

Gangguan belajar pada anak tidak lepas dari cara pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anak saat usia 3 bulan sampai 5 tahun. Anak yang memiliki gangguan belajar, keterlambatan perkembangan (sensori, motorik dan emosional), hambatan tumbuh kembang secara khusus (Autisme, Down Syndrome, Celebral Palsy dll), gangguan kontak mata, gangguan konsentrasi dan gangguan perilaku membutuhkan Okupasi Terapi (OT).

“Okupasi Terapi ialah seni untuk mengarahkan anak berpartisipasi dalam melaksanakan suatu aktivitas/kegiatan/pekerjaan yang telah ditentukan dan memiliki nilai, agar anak dapat mengembangkan potensinya semaksimal mungkin.”

Seminar Parenting ini berlangsung selama 3 jam, Annisa mengungkapkan peran guru juga sangat penting dalam penjaringan dan evaluasi terhadap anak. Guru juga bisa menyusun rancangan program identifikasi yang kesulitan dan pembelajaran kepada anak yang kesulitan belajar.