Membangun Karakter Pemimpin pada Siswa

Bertanggung jawab, siswa yang tidak hadir sekolah di minta untuk maju ke depan

Sebagai siswa sekolah, siswa di ajarkan untuk menjadi pemimpin minimal atas dirinya sendiri. Karakteristik pemimpin untuk diri sendiri salah satunya ialah kedisiplinan. Disiplin perihal mengatur waktu, menjaga barang dan mentaati peraturan sekolah. Senin 8 Januari 2018, Bapak Ecep guru SDIT Bunayya menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang siswa perlu terapkan untuk menumbuhkan jiwa leadership.

Hal pertama yang perlu untuk di gencarkan ialah KURASAKI. Apa itu KURASAKI? KURASAKI merupakan kepanjangan dari Kurangi Sampah Sekolah Kita. Setiap siswa di wajibkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Siswa juga harus membawa makanan di wadah yang di bawa dari rumah. Setelah makan selesai, wadah makanan pun harus di bawa kembali, tidak boleh di tinggal di sekolah.

Tidak hanya perihal tempat makan, siswa wajib menjaga barang apapun yang di bawa dari rumah. Dalam beraktivitas di sekolah, siswa juga wajib mentaati setiap peraturan sekolah dan menjaga lingkungan sekolah. Tentu seorang pemimpin atas dirinya sendiri juga di nilai dari bagaimana ia berpenampilan. Siswa di anjurkan untuk berpenampilan yang rapih. Tidak hanya rapih secara seragam, namun juga sopan perilakunya dan santun bahasanya.

Dari karakteristik pemimpin di atas mengajarkan siswa, bahwa menjadi pemimpin berawal dari merubah diri sendiri dengan kedisiplinan. Jika siswa sudah bisa secara disiplin menjaga barang, menghargai waktu dan mentaati peraturan. Siswa sudah lulus ujian tanggungjawab di sekolah. Selamat menjadi pemimpin.